Rabu, 20 Januari 2010

all About Ubuntu

4.10 Warty Warthog
Warty Warthog adalah rilis pertama Ubuntu. Mengapa dimulai dari vers i empat? Empat melambangkan tahun rilis ; 2004, sepuluh berarti bulan Oktober.Tam pilan desktopnya didominasi warna gelap, oranye dan cokelat yang merupakan simbol dari suku- suku di Afrika Selatan. Satu hal yang membuat Ubuntu memimpin dari awal adalah adanya Live CD .Dengan Live CD ini memungkinkan calon pengguna potensial mencoba Ubuntu terlebih dahulu tanpa perlu menginstallnya, suatu halyang distribusi lain tidak tawarkan untuk pengguna desktop.



5.04 Hoary Hedgehog
Enam bulan kemudian, seperti yang dijanjikan, hadirlah Hoary Hedgehog.Warna desktopnya sedikitt berubah namun tetap bernuansa gelap. Live CD disempurnakan dengan hadirnya Live CD untuk 64 bit dan Power PC.Pada April2005, Ubuntu telah m encapai kedewasaan dan melahirkan distribusi baru yang disebut Kubuntu.Distribusi ini dibangun berbasis Ubuntu namun tidak menggunakan GNOME sebagai antar mukanya melainkan memakai KDE.




5.10 Breezy Badger

Pada rilis ini, Ubuntu telah memperoleh penerimaan yang luas di komunitas Linux.Kehadiran Breezy ditandai dengan lahirnya Edubuntu, distribusi Linux ke tiga yang diperuntukkan untuk pendidikan. Hadir juga dukungan server untuk Ubuntu. Bukan untuk mengalahkan, distribusi Kubuntu mengganti pengelola paket Kynaptic dengan Adept dan menjadi yang pertama kali menggunakan devtag untuk mempermudah pencarian aplikasi. Dukungan KDE Bluetooth juga ditambahkan pada rilis ini.



6.06 Dapper Drake
Dapper menjadi rilis pertama yang melese t dari jadw alrilis se te ngah tah un-an yang seharusnya jatuh bulan April.Halini terjadi karena Mark Shuttle worth (pendiri Ubuntu) memperpanjang waktu pengembangannya. Rilis ini menjadi rilis pertama yang menambahkan LTS - Long Term Support / Support Jangka Panjang - untuk Ubuntu.Versi Desktop diberikan dukungan hingga tiga tahun, dan versi server lima tahun.Hal baru lainnya dan pertama diterapkan adalah fungsi Live CD yang sekaligus sebagai CD Installer.Ketika dalam Live CD (kini disebut Desktop CD )pengguna dapat mengklik icon installer untuk me nginstall Ubuntu dengan mudah . Pengguna tidak hanya dapat menginstall Ubuntu ke harddisk , tapi juga ke perangkat USB. Beberapa perbaikan penting diantaranya waktu startup yang lebih cepat, shutdown dengan tampilan grafis,perkakas upgrade yang baru dan kemampuan memainkan video yang lebih baik .Seting jaringan juga lebih mudah dengan Network Manager.Rilis ini juga memasukkan Open Office 2.0.2. Merasa tidak cukup, keluarga Ubuntu bertambah lagi.Ketimbang menggunakan GNOM E atau KDE, Xubuntu menggunakan Xfce untuk desktopnya.Ringan di kebutuhan, Xubuntu sangat cocok untuk desktop lama ataupun laptop.




6.10 Edgy Eft

Dengan waktu startup dan shutdown yang lebih cepat serta integrasi dari Tom Boy dan F-Spot, Ubuntu Edgy menjadi batu loncatan kecil antara Dapper dan rilis Feisty Fawn 7.04 berikutnya. Kreasi seni dalam Ubuntu menjadi lebih ringan dan lebih sedap dipandang mata.Kubuntu menambahkan aplikasi manajemen foto,digiKam ;mendesain ulang panel System Setting;dan menambahkan dukungan untuk tombol laptop dan manajemen sumber daya



7.04 Feisty Fawn
Rilis Ubuntu kali ini menghadirkan beragam fiturbaru termasuk diantaranya cara baru untuk menginstall codec multimedia dan driver binari, improvisasi jaringan dan tentu saja bantuan migrasi Windows yang lebih mudah dan sebagainya



Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon

Dalam sebuah siaran pers 15 Oktober 2007 diterbitkan Canonical Ltd. perusahan yang mendanai pengembangan Ubuntu, diumumkan tersedianya generasi Ubuntu 7.10 di serangkaian situs cermin untuk diunduh mulai hari ini. Seperti sebelumnya, keluarga generasi Ubuntu 7.10 mencakup edisi Ubuntu Server, Desktop, Kubuntu dan Edubuntu.



Sekali lagi ditegaskan, bahwa Ubuntu tidak membedakan antara edisi komunitas dan edisi 'enterprise'. Sebagai karya terbaik, Ubuntu 7.10 tersedia bebas untuk siapa saja. Ubuntu secara konsisten termasuk dalam peringkat atas dalam hal respon terhadap perbaikan sekuriti dan efektivitas. Platform Ubuntu sepenuhnya didukung dan bersertifikasi, menjadikan ia sebagai pilihan utama bagi pengguna baik yang ingin memanfaatkan maupun 'enjoy' Linux.

Gutsy bermesin Linux Kernel 2.6.22, mengemas Gnome 2.20, Firefox 2.0 dan OpenOffice 2.3. Ia mendukung desktop 3D menggunakan Compiz, menampilkan animasi pada jendela menu. Dukungan hardware juga ditingkatkan, kini mendukung lebih banyak hardware baru termasuk dukungan untuk WLAN-Chips buatan Broadcom, dan sejumlah WLAN-USB tanpa masalah.

Ubuntu 8.04 "Hardy Heron"

Di komunitas Ubuntu ada satu momen yang sering dinanti oleh para pengguna Ubuntu, yaitu momen dimana codename pengembangan untuk rilis Ubuntu berikutnya diumumkan. Codename Ubuntu sendiri memang cukup unik, sistem penamaannya berasal dari frase nama binatang dengan variasi rima atau huruf depan yang bersesuaian. Dan pada tanggal 29 Agustus 2007, Jono Bacon (Ubuntu Community Manager) telah mengumumkan codename pengembangan untuk rilis Ubuntu 8.04 yang dinamakan: "Hardy Heron".



Berikut adalah kutipan pengumuman codename tersebut:

Hi Folks,

I am delighted to have the pleasure of announcing the Hardy Heron
(Ubuntu 8.04), the next version of Ubuntu that will succeed Gutsy Gibbon
(Ubuntu 7.10, due for release in October 2007). Not only will the Ubuntu
community continue to do what it does best, produce an easy-to-use,
reliable, free software platform, but this release will proudly wear the
badge of Long Term Support (LTS) and be supported with security updates
for five years on the server and three years on the desktop. We look
forward to releasing the Hardy Heron in April 2008.

Sebagai informasi tambahan, rilis Ubuntu 8.04 juga merupakan rilis yang dinanti-nanti para pengguna Ubuntu terutama bagi kalangan enterprise karena rilis tersebut disebut sebagai rilis LTS (Long Term Support); calon penerus Ubuntu 6.06 LTS. Dimana Anda akan mendapatkan support lebih lama dibandingkan rilis biasa, yaitu 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk server.

Jadi untuk para pengguna Ubuntu jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk mencoba rilis Ubuntu 8.04 yang merupakan rilis puncak dari pengembangan Ubuntu sejak rilis LTS sebelumnya diluncurkan. Sampai jumpa nanti di bulan April 2008.

8.10 (Intrepid Ibex)

Canonical Ltd., sponsor komersial dari proyek Ubuntu mengumumkan peluncuran rilis akhir Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex) pada tanggal 30 Oktober 2008. Ubuntu adalah distribusi Linux untuk desktop, laptop, netbook, thin client dan server yang menyediakan perangkat lunak terbaru dari dunia Free Software dan Open Source setiap 6 bulan sekali dan Ubuntu 8.10 adalah rilis kesembilan yang telah diluncurkan oleh proyek Ubuntu sampai saat ini.


Di Ubuntu 8.10 ini terdapat banyak fitur-fitur terbaru untuk desktop dan server seperti dukungan 3G, usb-creator untuk membuat start-up disk Ubuntu di USB, lingkungan desktop GNOME terbaru, encrypted private directory, java stack (Apache Tomcat dan OpenJDK), virtualisasi dan masih banyak lagi.

Ubuntu 8.10 sendiri akan di-support melalui security updates selama 18 bulan baik itu di desktop maupun di server, dan untuk Anda yang ingin mencoba dipersilakan untuk langsung mengunduh Ubuntu dari situs-situs di bawah ini atau Anda dapat juga memesannya melalui ShipIt.

9.04 (Jaunty Jackalope).

Bulan April adalah salah satu bulan yang paling dinanti oleh para pengguna Ubuntu, karena di bulan inilah Ubuntu meluncurkan rilis terbaru. Dan pada hari Kamis 23 April 2009 akhirnya Canonical Ltd. selaku sponsor utama proyek Ubuntu dengan resmi merilis Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope). Ubuntu 9.04 merupakan rilis kesepuluh sejak proyek Ubuntu dimulai pada tahun 2004.



Terdapat 3 versi pada rilis Ubuntu 9.04 ini, yaitu Desktop, Server dan Netbook Remix yang masing-masing dikembangkan untuk memenuhi dengan kebutuhan pengguna Ubuntu dan didalamnya terdapat banyak fitur-fitur terbaru, antara lain GNOME 2.26, sistem notifikasi terbaru, proses booting yang lebih cepat, dukungan filesystem Ext4, Linux kernel 2.6.28, dukungan untuk cloud computing, dan masih banyak lagi.

Ubuntu 9.04 sendiri akan di-support melalui security updates selama 18 bulan, dan untuk Anda yang ingin mencoba dipersilakan untuk langsung mengunduh Ubuntu dari situs-situs di bawah ini atau Anda dapat juga memesannya melalui ShipIt.


9.10 (Karmic Koala)


Ubuntu 9.10 (Karmic Koala) , rilis ini hanya di tujukan kepada para pengembang atau siapapun yang ingin menguji system Ubuntu untuk rilis berikutnya, yaitu 9.10. Dikarenakan belum stabil maka sangat tidak dianjurkan untuk digunakan untuk keperluan sehari-hari. Untuk rilis akhir dari Ubuntu Karmic Koala ini akan di rilis pada tanggal 29 Oktober 2009.

Fitur yang ditawarkan pada rilis kali ini adalah:

* GNOME 2.27.4, pada Gnome kali ini pidgin akan digantikan oleh Emphathy
* Linux kernel 2.6.31, pada kernel ini menghadirkan kernel mode setting yang diaktifkan untuk grafis Intel
* Manajemen power yang lebih ditingkatkan, Tombol singkat pada laptop, dan menangani peralatan penyimpan data (storage), kamera dengan memindahkannya dari “hal” ke DeviceKit-power, “DeviceKit-disk dan “udev”.
* Driver Intel terbaru. Pada Driver intel ini telah menggunakn metode baru yaitu UXA yang ditujukan untuk mengatasi masalah pada Ubuntu 9.04
* GCC 4.4 sebagai default compiler
* Menggunakan system berkas ext4 secara default
* Menggunakan grub 2 secara default

1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih gan.... menambah referensiku

Posting Komentar

MY PROFILE